%A Wardani Harvey, Friska Indira %A Januar, Jani %A Kusmiati, Ati %D 2009 %T TREND PRODUKSI DAN PROSPEK PENGEMBANGAN KOMODITAS BUAH NAGA DI KABUPATEN JEMBER %K %X Buah naga atau dragon fruit memang belum lama dikenal, dibudidayakan, dan diusahakan di Indonesia. Tanaman dengan buahnya berwarna merah dan bersisik hijau ini merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian di Indonesia dan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan pengembangan tanaman buah naga sangat bagus dibudidayakan di daerah tropis seperti di Indonesia. Prospek buah naga di pasar domestik cukup baik karena penggemarnya berangsur-angsur meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) trend produksi dan prospek pengembangan  komoditas buah naga di Kabupaten Jember, (2) efisiensi pemasaran komoditas buah naga di Kabupaten Jember, (3) strategi pemasaran komoditas buah naga di Kabupaten Jember. Metode penelitian adalah dengan analisis deskriptif dan analitis, pengambilan contoh secara Dispropotioned Random Sampling . Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani berdasarkan kuisioner, data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Alat analisis yang digunakan adalah trend dengan metode kuadrat terkecil ( Least Square Method ), analisis SWOT, efisiensi pemasaran dan marjin pemasaran, strategi bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Trend Produksi buah naga cenderung meningkat, (2) Usahatani buah naga memiliki peluang pasar yang prospektif, (3) Saluran pemasaran buah naga adalah efisien, (4) Strategi pemasaran buah naga di Kabupaten Jember menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu dengan menjaga kualitas buah naga yang dihasilkan agar konsumen dapat terus membelinya, memperluas daerah pemasaran di daerah perkotaan, bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan promosi, dan menetapkan harga jual pada kisaran harga Rp. 14.000,00 sampai Rp. 20.000,00.     Kata Kunci: Buah naga, trend produksi, prospek pengembangan, efisiensi pemasaran %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JSEP/article/view/434 %J JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics) %0 Journal Article %P 71-78%V 3 %N 2 %@ 2356-2382 %8 2009-07-01