Analisis Kinerja Trotoar dan Fasilitas Penyeberangan Orang di Perkotaan (Studi Kasus Area Pusat Kegiatan Kota Bandar Lampung)

Performance Analysis of Sidewalks and Pedestrian Facilities in Urban Areas (Case Study of the Activity Center Area of the City of Bandar Lampung)

  • Rahayu Sulistyorini Universitas Lampung
  • Goldie Melinda Wijayanti Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Abstract

Peningkatan volume lalu lintas adalah salah satu permasalahan di perkotaan seperti di Kota Bandarlampun. Penyediaan fasilitas pejalan kaki adalah salah satu upaya memperbaiki permasalahan tersebut. Selain penyediaan fasilitas pejalan kaki, fasilitas pendukung lainnya seperti penyebrangan tidak sebidang JPO yang tersedia juga kurang diminati pejalan kaki. Sebagai fasilitas penyebrangan, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dapat mengurangi tingkat kecelakaan pejalan kaki di Kota Bandarlampung. Berdasarkan pemasalahan diatas maka perlunya menganalisis kualitas dan tingkat pelayanan jalur pejalan kaki dan JPO di Kota Bandarlampung. Metode yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis walkthrough dan Pedestrian Environment Quality Index (PEQI). Setelah dilakukan analisis diketahui jalur pejalan kaki sebelah kanan di segmen 1 memiliki Level of Service E dan JPO lokasi dua dan empat kurang efektif. Dari keseluruhan segmen jalur pejalan kaki 60% sudah memiliki LOS A dan 40% adalah LOS B, C,D dan E. Hal ini dapat menjadi rekomendasi pemerintah dalam peningkatan kualitas jalur pejalan kaki dan JPO di Kota Bandarlampung.

Author Biographies

Rahayu Sulistyorini, Universitas Lampung

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Universitas Lampun
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, No 1, Bandar Lampung

Goldie Melinda Wijayanti, Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
Jl. Terusan Ryacudu, Lampung Selatan

Published
2021-02-26
How to Cite
SULISTYORINI, Rahayu; WIJAYANTI, Goldie Melinda. Analisis Kinerja Trotoar dan Fasilitas Penyeberangan Orang di Perkotaan (Studi Kasus Area Pusat Kegiatan Kota Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 184-192, feb. 2021. ISSN 2548-9518. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JRSL/article/view/22996>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jrsl.v4i2.22996.