PROGRAM PEMBERDAYAAN RAKYAT DAN INKLUSI PEREMPUAN (PRIMA) DALAM PENCEGAHAN MASALAH KESEHATAN PADA ANAK DI DESA KLAKAH LUMAJANG

  • Aufa Azizah Universitas Jember
  • Tiara Fany Permatasari Universitas Jember
  • Khurotin Nisvi Ngainiyah Universitas Jember
  • Sahrul Muharromah Universitas Jember
  • Rhohis Nisvi Algiansyah Universitas Jember
  • Wildhan Akbar Paragina Universitas Jember
  • Ida Zuhroidah Universitas Jember

Abstract

Perempuan masih banyak mengalami keterbelakangan dalam berbagai sektor. Keterbelakangan ini diakibatkan karena minimalnya sumber daya manusia (SDM) sehingga perempuan sedikit terlibat dalam membangun Desa. Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang memiliki nilai SDGs Desa 16,95% dalam indikator keterlibatan perempuan desa. Nilai ini merupakan nilai yang rendah sehingga memerlukan suatu program dalam membangun dan melibatkan perempuan dalam pembangunan desa melalui pengabdian masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu perempuan desa melalui pemberdayaan dalam mengatasi masalah kesehatan anak di Desa Klakah. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu pemberdayaan perempuan dilakukan selama dua minggu dengan program Pemberdayaan Rakyat dan Inklusi Perempuan (PRIMA) dalam mengatasi masalah kesehatan anak yaitu masalah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan risiko stunting. Hasil yang didapatkan yaitu perempuan desa berdaya dalam melakukan program yang dijalankan yaitu berdaya dalam melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan berdaya dalam membuat makanan kaya gizi melalui buku menu sehat guna mencegah stunting. Adanya peningkatan pengetahuan perempuan desa dalam memahami mengenai penyakit DBD dan risiko stunting pada anak. Keberhasilan program didapatkan adanya tindakan lanjut program PRIMA yang tetap dilanjutkan di Desa Klakah.


 

Published
2023-11-23
How to Cite
AZIZAH, Aufa et al. PROGRAM PEMBERDAYAAN RAKYAT DAN INKLUSI PEREMPUAN (PRIMA) DALAM PENCEGAHAN MASALAH KESEHATAN PADA ANAK DI DESA KLAKAH LUMAJANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 71-78, nov. 2023. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/44403>. Date accessed: 25 feb. 2024.