PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK MELALUI SOSIALISASI DAN PRAKTIK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DI DESA SUCO KECAMATAN MUMBULSARI KABUPATEN JEMBER

  • Dhea Milinia Sefira Universitas Jember
  • Viona Nazila Syaharani Universitas Jember
  • Rizki Ivazakiya Universitas Jember
  • Aditya Haswarna Putra Universitas Jember
  • Mega Lastriyono Putri Universitas Jember
  • Andreyan Poerwo Negoro Universitas Jember
  • Agustina Dewi Setyari Universitas Jember

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu wujud konkret pengabdian siswa kepada masyarakat yang diharapkan dapat membantu untuk membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa setempat. Program kerja yang dijalankan oleh KKN 12 Universitas Jember mengusung tema literasi. Dalam menjalankan program kerja dengan tema literasi tersebut, mahasiswa KKN 12 Universitas Jember melakukan kegiatan sosialisasi mengenai cara pembuatan pupuk organik yang berbahan dasar kotoran domba. Metode pelaksanaannya menggunakan metode partisipatif melalui pelibatan masyarakat desa yang berprofesi sebagai peternak. Program kerja ini dirancang sesuai dengan potensi serta permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat di Desa Suco, yakni harga pupuk yang kurang terjangkau serta kenyamanan yang terganggu karena bau tidak sedap dari kotoran ternak. Oleh karena itu, mahasiswa KKN 12 Universitas Jember menjawab permasalahan tersebut dengan menciptakan alternatif pupuk organik sehingga permasalahan kotoran domba yang menumpuk dapat teratasi, meningkatkan perekonomian peternak yang berasal dari penjualan pupuk organik, serta petani mendapatkan alternatif pupuk yang terjangkau juga organik.

Published
2023-11-23
How to Cite
SEFIRA, Dhea Milinia et al. PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK MELALUI SOSIALISASI DAN PRAKTIK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DI DESA SUCO KECAMATAN MUMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 93-100, nov. 2023. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/44351>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v2i2.44351.