PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MGMP MATEMATIKA SMP WILAYAH KABUPATEN JEMBER TIMUR DALAM PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN, RELASI, DAN FUNGSI

  • Ikhsanul Halikin Universitas Jember
  • I Made Tirta Universitas Jember
  • Kusbudiono Kusbudiono Universitas Jember

Abstract

Munculnya COVID 19 yang berkepenjangan menyebabkan pembelajaran di semua tingkat, termasuk pembelajaran di SMA, dilakukan secara daring. Dalam pembelajaran secara daring sangat dirasakan perlunya media pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara aktif. Salah satu yang termasuk media pembelajaran jenis ini adalah media pembelajaran online yang bersifat dinamik dan interaktif.   Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember telah mengembangkan  media pembelajaran melalui web interaktif (https://statslab-rshiny.fmipa.unej.ac.id/RDoc/Himpunan/) yang dapat diakses oleh siswa kapan pun dan dimana pun,  sebagai salah satu upaya untuk membuat  pembelajaran daring lebih optimal. Dalam pengabdian ini dilakukan  kegiatan pemaparan dan pelatihan kepada guru MGMP Matematika SMP Wilayah Kabupaten Jember Timur mengenai penerapan web dalam proses pembelajaran yang interaktif terutama untuk pokok bahasan himpunan, relasi, dan fungsi. Kegiatan tersebut dilakukan dua tahap, yaitu kegiatan secara offline di SMP Negeri 1 Mumbulsari dilanjutkan dengan komunikasi secara online selama latihan memanfaatkan web. Hasil pengamatan selama berlangsungnya proses kegiatan dan umpan balik terhadap kegiatan ini menunjukkan adanya antusiasme dan respon yang sangat baik dari para guru.

Published
2022-12-02
How to Cite
HALIKIN, Ikhsanul; TIRTA, I Made; KUSBUDIONO, Kusbudiono. PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MGMP MATEMATIKA SMP WILAYAH KABUPATEN JEMBER TIMUR DALAM PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN, RELASI, DAN FUNGSI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 63-73, dec. 2022. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/34765>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v1i2.34765.