PENDAMPINGAN PACKAGING DAN BRANDING PADA UMKM PRODUK KHAS OLAHAN HASIL LAUT DI KELURAHAN SUKOLILO BARU – KENJERAN, SURABAYA

  • Margaretha Ardhanari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Gratianus Edwi Nugrohadi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat berdampak terhadap usaha UMKM terutama yang memiliki produk tidak tahan lama. UMKM produk khas olahan hasil laut yang berada di Kelurahan Sukolilo Baru merupakan salah satunya. Hal ini disebabkan karena UMKM hanya menjual secara konvensional yaitu menunggu konsumen datang dan membeli. Karena penyimpanan dan pengemasan produk belum baik maka produk yang tidak terjual mengalami kerusakan, berakibat semakin memperparah kerugian. Maka kegiatan abdimas ini bertujuan untuk memperpanjang usia produk melalui packaging yang baik dan untuk mengembalikan penjualan yang hilang dilakukan branding produk maupun destinasi.

Published
2022-05-31
How to Cite
ARDHANARI, Margaretha; NUGROHADI, Gratianus Edwi. PENDAMPINGAN PACKAGING DAN BRANDING PADA UMKM PRODUK KHAS OLAHAN HASIL LAUT DI KELURAHAN SUKOLILO BARU – KENJERAN, SURABAYA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-24, may 2022. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/31415>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415.