PEMBERDAYAAN UMKM KUE LEMPER TERDAMPAK COVID-19 DENGAN MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN MELALUI MEDIA DIGITAL DAN BRANDING UMKM KUE LEMPER DI KEBONSARI

  • Siela Sudy Syahputri Universitas Jember
  • Intan Nurul Awwaliyah Universitas Jember

Abstract

Kelurahan Kebonsari adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sumbersari,    Kabupaten Jember. Kabupaten Jember sendiri terdiri dari 31 Kecamatan, 22 Kelurahan, dan 226 Desa. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak pelaku usaha mikro kecil, dan menengah. Salah satu UMKM yang ada di Kebonsari adalah UMKM Kue Lemper milik Ibu Nining. Situasi pandemi seperti sekarang membuat banyak pelaku usaha mengalami kebangkrutan karena tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru. Dampak covid-19 ini juga dirasakan oleh Ibu Nining selaku pemilik UMKM kue lemper yang berada di Kebonsari. Permasalahan utama yang diahadapi adalah menurunnya penjualan karena pembatasan mobilitas dan kegiatan masyarakat. Selain itu, belum adanya brand dan kurangnya pengoptimalan teknologi juga menjadi masalah yang dihadapi oleh UMKM. Maka dari itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM yang terdampak covid 19. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan pendapatan melalui pemanfaatan media digital dan pemberian branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai dengan 9 September 2021. Sasaran kegiatan pengabdian kali ini adalah salah satu UMKM Kue Lemper di Kebonsari. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mendongkrak pendapatan UMKM dengan memanfaatkan media digital dan juga branding.

Published
2022-05-31
How to Cite
SYAHPUTRI, Siela Sudy; AWWALIYAH, Intan Nurul. PEMBERDAYAAN UMKM KUE LEMPER TERDAMPAK COVID-19 DENGAN MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN MELALUI MEDIA DIGITAL DAN BRANDING UMKM KUE LEMPER DI KEBONSARI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 34-42, may 2022. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/31414>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31414.