PENTINGNYA BRANDING DAN INOVASI PRODUK UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS OLAHAN TEMPE PADA DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

  • Ricky Oktavian Perdana Putra Universitas Jember

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usaha sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapat rendah. UMKM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi realita tersebut, sedangkan usaha yang berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember saat ini adalah sedang turunnya pendapatan dan meningkatnya biaya produksi beberapa UMKM olahan tempe. Hal ini merupakan tujuan diadakannya edukasi tentang pentingnya pengembangan bisnis untuk menunjang pelaku usaha mengembangkan usahanya. Dengan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ada beberapa program diantaranya, memperkenalkan pentingnya branding untuk sebuah produk, perlu adanya inovasi dalam sebuah produk, sosialiasasi menghitung Harga Pokok Produksi. Hasilnya menunjukkan bahwa sasaran mampu membuat identitas sebuah produk dengan nama Tempe Putra Glagasan serta dapat melakukan pengembangan produk dari olahan tempe mentah menjadi Nugget Tempe. Diharapkan untuk kedepannya terus mengalami peningkatan penjualan sehingga dapat meningkatkan perolehan laba di masa pandemi Covid – 19.

Published
2022-05-31
How to Cite
PUTRA, Ricky Oktavian Perdana. PENTINGNYA BRANDING DAN INOVASI PRODUK UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS OLAHAN TEMPE PADA DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-10, may 2022. ISSN 2830-4888. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPMA/article/view/31412>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31412.