PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Firman Ashadi Prodi PAUD IKIP PGRI Jember

Abstract

Para pelaksana pendidikan merupakan salah satu sub sistem manajemen yang perlu mendapat perhatian yang sama dengan sub sistem manajemen yang lain, ia merupakan kunci keberhasilan pendidikan. Dikatakan demikian karena mengingat era teknologi saat ini, sarana dan prasarana yang lengkap, kebutuhan dana yang mencukupi, tidak menjamin kesuksesan pendidikan dapat di raih, kecuali dengan bantuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. Dari itu dibutuhkan manajemen yang tepat untuk pengembangan manusia. Dan dalam pengembangan, media yang paling dekat dan sangat berdampak signifikan adalah melalui pendidikan. Pendidik memberikan pengaruh terhadap peserta didik, tidak saja melalui pengetahuan yang disampaikannya, namun juga melalui sikap, prilaku, dan ucapannya. Sehingga dengan terpolanya para pendidik, diharapkan peserta didik dapat menjadi manusia utuh sebagaimana dicita-citakan. Sumber daya manusia menjadi faktor dominan dalam suatu institusi, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk melaksanakan perannya dalam melayani kebutuhan pendidikan masyarakat. Untuk itu, sangat penting upaya pengembangan SDM bagi terwujudnya SDM bidang pendidikan yang berkualitas atau bermutu.Pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mana maksudnya jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Dengan SDM yang bermutu dalam lembaga pendidikan PAUD, diharapkan akan menciptakan suasana pendidikan yang positif bertujuan untuk pendayagunaan, pengembangan, penelitian, SDM yang ada agar dapat dikelola secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Pengembangan, Sumber Daya Manusia, PAUD

Published
2016-05-23
How to Cite
ASHADI, Firman. PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 717 - 729, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4244>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.