TY - JOUR AU - Ni’mah, Durrotun PY - 2016 TI - PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - Pembelajaran adalah sebuah upaya transformasi keilmuan yang sistematis dan ilmiah. Pentransformasian sebuah ilmu akan menjadi sulit jika hanya mengacu pada satu bahan ajar, mengingat kemampuan siswa dalam menyerap pengetahuan berbeda-beda. Untuk itu diperlukan media belajar yang inovatif, variatif dan kompleks. Salah satu media belajar yang ditawarkan dalam pembahasan ini adalah Modul Fisika SMA Berbasis Multirepresentasi pada Pokok Bahasan Termodinamika. Tujuannya tidak lain untuk menumbuhkan semangat belajar siswa dan agar semua siswa dapat menyerap pengetahuan dengan maksimal. Penelitian ini merupakan adaptasi dari model pengembangan 4D yang terdiri dari tiga tahap yaitu define, design, development dan desiminate. Kata kunci: modul, termodinamika, model pengembangan 4D UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3725