%A Wahyuni, Diah Tri %D 2016 %T ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH PADA SINTAKMATIK MODEL PEMBELAJARAN POPE (PREDICT, OBSERVE, PRESENT, EVALUATE) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP %K %X Tulisan ini mendeskripsikan analisis penerapan pendekatan ilmiah ( Scientific Approach ) pada sintakmatik model pembelajaran POPE ( Predict, Observe, Present, Evaluate ) pada pembelajaran IPA di SMP. Komponen sintakmatik Model pembelajaran POPE ( Predict,  Observe, Present, Evaluate ) yang terdiri dari empat tahap yaitu, 1) memprediksi, 2) mengamati, 3) mempresentasikan, 4) mengevaluasi, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah IPA secara kritis yang merupakan karakteristik khusus rumpun pembelajaran IPA yang berorientasi pada pendekatan ilmiah pembelajaran sesuai amanat Kurikulum 2013. Analisis data menggunakan modifikasi Lembar Kerja 3.1a Instruksi Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tentang Perancangan Pendekatan Ilmiah ( Scientific Approach ) pada pembelajaran IPA yang terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan yang dipadukan dengan sintakmatik model pembelajaran POPE ( Predict, Observe, Present,  Evaluate). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sintakmatik model pembelajaran POPE ( Predict, Observe, Present,  Evaluate ) sudah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah ( Scientific Approach ) Kata kunci : pendekatan ilmiah (Scientific Approach), model  pembelajaran POPE (Predict, Observe, Present, Evaluate),  pembelajaran IPA %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3711 %J JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA %0 Journal Article %P 642-649%V 4 %N 5 %@ 2721-1959 %8 2016-05-23