TY - JOUR AU - Ilmiah, Ika Iffah PY - 2016 TI - KONSEP DAN KARAKTERISTIK MODEL RIDEE (READING, IDENTIFY, DEFINE, EXPLORE, EXPLAIN) BERBASIS CTL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - Kurikulum 2013 lebih menekankan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran saintifik dirancang agar peserta didik secara aktif membangun konsep dan prinsip melalui tahapan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan konsep dan prinsip tersebut. Pengembangan model RIDEE berbasis CTL merupakan salah satu model pengembangan yang tepat dalam rangka mengkonstruk pendekatan saintifik. Model RIDEE (Reading, Identify, Define, Explore dan Explain) merupakan model pembelajaran yang terdiri dari langkah – langkah pembelajaran yang disusun sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mengembangkan ketrampilan proses sains dan dapat menguasai kompetensi yang akan dicapai. Selain itu, berdasarkan teori belajar bahwa model RIDEE juga telah memenuhi karakteristik sebuah model pembelajaran, yaitu terdapat sintakmatik, sistem sosial, sistem reaksi, sistem pendukung (meliputi dampak instruksional dan dampak pengiring). Selanjutnya disarankan model RIDEE (Reading, Identify, Define, Explore dan Explain) dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan model baru yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci:Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran RIDEE, Sintakmatik, Sistem Sosial, Sistem Reaksi, Sistem Pendukung UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3622