TY - JOUR AU - Dewi, Vicky Cahya PY - 2016 TI - MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - Dewasa ini pendidikan formal mengalami permasalahan yang utama adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa, mendeskripsikan kerjasama siswa dan mendeskrispikan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test onlycontrol group. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, portofolio, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisa data hasil belajar fisika siswa menggunakan independent sample t-test. Analisa deskripsi kerjasama siswa menggunakan persentase kriteria kerjasama siswa. Analisa deskripsi motivasi belajar siswa menggunakan persentase kriteria motivasi. Hasil perhitungan pada uji Independent sample t-test pada hasil belajar diperoleh nilai ttest dari masingmasing ranah yaitu: ranah afektif  ttest =  3,499; ranah psikomotor ttest = 2,122; ranah kognitif ttest = 4,025. Nilai t tabel adalah t0,05(72) = 1.99346. Maka  ttest> ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil analisis data untuk kerjasama siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh indikator sebesar 86,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh aspek motivasi sebesar 76,46% dengan kriteria termotivasi.  Kata Kunci:STAD, LKS kontekstual UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3613