TY - JOUR AU - A, Muhamad Edison PY - 2016 TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI YANGTERINTEGRASI PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING POKOK BAHASAN GERAK LURUS KELAS X IPA 5 SMAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - Penelitian ini membahas mengenai model pembelajaran penelitian dan tindakan. Tujuan penelitiannya adalah mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar melelui pendekatan multirepresentasi yang terintegrasi pada model pembelajaran inkuiri terbimbing pada SMAN 3 Jember Kelas X MIPA 5 selama semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Model pembelajaran ini dikatakan berhasil apabila: tujuan pembelajaran tercapai, aktivitas siswa termasuk dalam kriteria aktif hingga sangat aktif dan peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingga penelitian ini menggunakan metode action research. Desain penelitian ini menggunakan desain siklus Hopkins. Teknik Pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan N-gain. Siklus paling efektif saat diterapkan pada siklus I, dengan ktivitas belajar sebesar 71%-89,5% untuk tiap indikator. Aktivitas siswa pada siklus ini termasuk dalam kriteria aktif hingga sangat aktif. Peningkatan hasil belajar (n-gain) pada siklus ini sebesar 0,33 dan 0,35yang termasuk dalam kriteria sedang. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, multirepresentasi, aktivitas belajar UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3610