TY - JOUR AU - Maharani, Febri Galuh PY - 2016/05/23 TI - MODEL GI-GI PADA HASIL BELAJARDALAM PEMBELAJARAN FISIKA (MATERI TEORI KINETIK GAS) DI SMA JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - ABSTRAK Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model GI-GI untuk melihat pengaruh model GI-GI terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling melalui teknik undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-test materi teori kinetik gas dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,008 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,004 atau 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model GI-GI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi teoeri kinetik gas tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMA Negeri 4 Jember. Kata kunci: Model GI-GI, teori kinetik gas, dan hasil belajar kognitif UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3587