TY - JOUR AU - Utarida, Ambar PY - 2016 TI - MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP JF - JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA; Vol 4 No 5 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2016 KW - N2 - ABSTRAK Hasil survei Trends in International Mathematics and Science Survey (TIMSS) yang menelitikemampuan anak-anak kelas VIII dalam bidang Matematika dan Sains menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi sains (IPA) Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Di sisi lain, dalam International Physic Olimpiads (IPhO) prestasi Indonesia dalam olimpiade fisika dari tahun ke tahun meningkat.Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecerdasan yang setara dan mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain, termasuk dari negara-negara maju jika mendapat kesempatan belajar dengan metode yang baik salah satunya dengan metode yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan DesignRandomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi . Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test. Analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh siginifikansi sebesar 0.012 atau < 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi dan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi Kata Kunci :quantum teaching, video animasi, dan hasil belaj UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3576