Online Dispute Resolution dalam Sengketa Bisnis Di Era Digital: Sebuah Konsep dengan Pendekatan Perbandingan Hukum

  • Felix Yuwono Universitas Katolik Widya Karya Malang, Indonesia
  • Emanuel Raja Damaitu Universitas Katolik Widya Karya Malang, Indonesia
  • Sheila Yudha Pradina Universitas Katolik Widya Karya Malang, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak mengubah hidup manusiauntuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan bisnis pun semakin berkembang pula di era digital ini yang menggunakan teknologi sebagai medianya yang disebut dengan e-commerce. Ketika terjadi perselisihan paham atau sengketa pun juga sudah diarahkan menggunakan sistem ODR. Akan tetapi, peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia masih belum memberikan kepastian hukum mengenai pelaksanaan ODR. Melalui pendekatan perbandingan hukum, ditemukan sebuah konsep pengaturan mengenai ODR di Indonesia ke depannya. Negara Canada dan Inggris digunakan sebagai negara pembanding yang telah lebih dulu menerapkan ODR. Pelaksanaan sistem ODR dalam penyelesaian sengketa di Kanada maupun di Inggris sudah diintegrasikan ke dalam sebuah peraturan perundang-undangan sehingga implementasi mengenai sistem ODR sudah dilaksanakan. Akan tetapi masih membutuhkan beberapa perubahan dan perkembangan selaras dengan kebutuhan masyarakat. Sedangkan di Indonesia masih belum mengintegrasikan sistem ODR ke dalam peraturan perundang-undangan secara khusus. Meskipun secara basis regulasinya sudah ada beberapa peraturan perundang-undangan yang dapat mendukung berlakunya sistem ODR, tetapi akan menjadi lebih baik jika diatur ke dalam aturan yang lebih khusus.

Published
2021-11-26
How to Cite
YUWONO, Felix; DAMAITU, Emanuel Raja; PRADINA, Sheila Yudha. Online Dispute Resolution dalam Sengketa Bisnis Di Era Digital: Sebuah Konsep dengan Pendekatan Perbandingan Hukum. Journal of Private and Economic Law, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 199-231, nov. 2021. ISSN 2797-8702. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPEL/article/view/27562>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpel.v1i2.27562.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.