PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Siti Mukharomah Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Universitas Jember
  • Sri Kantun Universitas Jember

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Jember masih dalam kategori rendah yang disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan tidak melibatkan siswa secara aktif. Hal itu tentu berdampak pada kurangnya kemandirian siswa sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa Semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,6 meningkat menjadi 3,1 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan, hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa 77,3 dan ketuntasan belajar secara klasikal 79%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 82,2 dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Mukharomah, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sutrisno Djaja, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Kantun, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-09-16
How to Cite
MUKHAROMAH, Siti; DJAJA, Sutrisno; KANTUN, Sri. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 264-269, sep. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8569>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8569.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>