PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KARTU PRABAYAR SIMPATI TELKOMSEL
Abstract
Kepuasan pelanggan dalam aplikasinya bergantung pada loyalitas merek yang memiliki indikator seperti pilihan pertama, kesetiaan, berani membayar lebih. Semakin tinggi kepuasan pelanggan maka akan semakin baik loyalitas merek yang dimiliki pengguna kartu simPATI tersebut, artinya semakin pengguna kartu simPATI tersebut dapat menerima tarif, jaringan, layanan, kinerja operator dengan puas dan senang, maka pengguna kartu simPATI telah memiliki loyalitas terhadap merek simPATI. Pengguna simPATI didominasi oleh mahasiswa yang memiliki umur antara 22 tahun. Mahasiswa dengan rutinitasnya tidak bisa terlepas dari paket data dan kebanyakan dari mereka membutuhkan koneksi yang cepat untuk mendukung tugas/pekerjaan mereka sehingga menyebabkan mereka loyal terhadap kartu simPATI yang memiliki jaringan tercepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek pada mahasiswa. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive area yakni mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember dengan jumlah responden 83 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan persamaan garis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 182,696 > Ftabel = 3,957 dengan tingkat signifikansi 0,000 < a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 3,867 + 0,770X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,697, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek mahasiswa Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Jember sebesar 69,7%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.