PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN SISTEM PEMBAYARAN DAN ALAT PEMBAYARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Jember menggunakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran (studi kasus pada kelas X IPS 4 MAN 1 Jember semester genap tahun ajaran 2017/2018). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada kompetensi sistem pembayaran dan alat pembayaran siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Jember Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada siklus I minat belajar siswa dalam kategori sedang dengan skor 2,9, pada siklus II meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 3,4. Sedangkan, rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 74%. Pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,42 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85,18%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.