ANALISIS PARTISISPASI PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT MISKIN DUSUN GUMUK LIMO DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER

  • Anny Istiqomah Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember

Abstract

Kontribusi masyarakat dalam pendidikan pada suatu wilayah berpengaruh terhadap partisipasi pendidikan. Jumlah  penduduk usia sekolah yang bersekolah mempengaruhi tinggi rendahnya partisipasi pendidikan pada suatu wilayah tersebut. Partisipasi pendidikan diukur dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM).  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar partisispasi pendidikan dan peran nilai anak dalam partisipasi pendidikan pada masyarakat miskin Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan responden yaitu masyarakat miskin di Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember yang berjumlah 92 Kepala Keluarga. Hasil penelitian diperoleh 95 anak yang termasuk penduduk usia sekolah dari 92 orang responden dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD kategori tinggi, SMP kategori tinggi, SMA/SMK kategori tinggi, dan PT kategori sementara Angka Partisipasi Murni (APM)  SD kategori tinggi, SMP kategori tinggi, SMA/SMK kategori tinggi, dan PT termasuk kategori rendah. Nilai anak menurut responden di Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember ini yaitu sebagai manfaat ekonomi,  jaminan di masa tua serta untuk meningkatkan status sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anny Istiqomah, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-09-14
How to Cite
ISTIQOMAH, Anny; SUKIDIN, Sukidin; SUHARSO, Pudjo. ANALISIS PARTISISPASI PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT MISKIN DUSUN GUMUK LIMO DESA NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 227-235, sep. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8553>. Date accessed: 22 may 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>