PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP LOYALITAS STAKEHOLDER SEKOLAH ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra sekolah terhadap loyalitas stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi. Jenis Penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi, yaitu orang tua siswa, sebanyak 58 orang yang dipilih secara proporsional dari setiap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar (56,9%) stakeholder memiliki persepsi yang tinggi tentang kualitas layanan yang diberikan oleh Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi. Terdapat 51,7 persen Stakeholder menilai Citra Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi Sangat Baik dan terdapat 56,9 persen Stakeholder memiliki loyalitas tinggi terhadap Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi. Hasil uji statistic menunjukan kemampuan model dalam memprediksikan pengaruh persepsi stakeholder dan citra sekolah terhadap loyalitas sebesar 53 persen. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas stakeholder yang ditunjukan oleh koefisien thit 2,783 > ttab,1,67. Citra sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas stakeholder yang ditunjukan oleh koefisien thit 2,518 > 1,67 ttab. Secara simultan, kualitas layanan dan citra sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas yang ditunjukan oleh koefisien Fhit 33,033 > Ftab 3,16. Untuk meningkatkan loyalitas stakeholder, Sekolah Islam Al-falah Kota Jambi harus meningkatkan citra sekolah dan kualitas layanan kepada stakeholder.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.