PENGARUH UPAH TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan UD. Pakem Sari, Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember)

  • M. Dilif Lailun Ni'am Universitas Jember
  • Bambang Suyadi Universitas Jember
  • Hety Mustika Ani Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara upah (upah pokok, sistem upah, kebijakan pemberian upah dan upah total) terhadap motivasi kerja karyawan (semangat kerja dan gairah kerja) UD. Pakem Sari, Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Adapun penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive area dan menjadikan semua populasi sebagai responden karena jumlah populasi relatif sedikit yaitu sebanyak 35 karyawan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan UD. Pakem Sari, Sumberjambe, Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier sederhana menghasilkan persamaan  Y = 2,211 + 0,205X dengan nilai RSquare sebesar 0,564, nilai Fhitung sebesar 42,631, Ftabel sebesar 4,14 pada taraf signifikansi 0,05 dengan kriteria pengujian yaitu jika Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa upah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan UD. Pakem Sari, Sumberjambe, Jember dengan besaran pengaruh sebesar 56,4%, sedangkan sisanya  43,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada manajemen UD. Pakem Sari, Sumberjambe Jember, yaitu diharapkan untuk selalu adil dan benar dalam memberikan upah kepada karyawannya serta meningkatkan strategi dalam pemberian upah agar motivasi kerja karyawan juga meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Dilif Lailun Ni'am, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Bambang Suyadi, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Hety Mustika Ani, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-08-04
How to Cite
NI'AM, M. Dilif Lailun; SUYADI, Bambang; ANI, Hety Mustika. PENGARUH UPAH TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan UD. Pakem Sari, Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 192-198, aug. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/8317>. Date accessed: 21 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8317.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>