PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Kompetensi guru dalam penelitian ini menggunakan dua indikator, yaitu kompetensi pegadogik dan kompetensi profesional. Adapun penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive area yakni siswa kelas XI IPS SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 207/2018 dengan jumlah responden 50 orang. Metode yang digunakan adalah analisis inferensial menggunakan regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, efektivitas garis regresi, uji F dan standart error of estimate. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri Rambipuji. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung = 194,392 > Ftabel = 4,043 dengan tingkat signifikansi 0,000 < a = 0,05 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 28,333 + 0,674X. Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,802, hal ini menunjukkan bahwa besarnya persentase pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri Rambipuji sebesar 80,2%, sedangkan sisanya yakni 19,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.