PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI PETANI PADI PADA KELOMPOK TANI NGUDI REJEKI DI DESA WONOREJO KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER

  • Lujeng Shahadatus Safia Universitas Jember
  • Bambang Suyadi Universitas Jember
  • Hety Mustika Ani Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap pola konsumsi petani padi pada kelompok tani Ngudi Rejeki Desa Wonorejo Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  karena dalam prosedur dan analisisnya peneliti menggunakan metode statistik berupa angka-angka. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektivitas garis regresi/koefisien determinasi dan standart error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan variabel pendapatan berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi petani padi pada kelompok tani Ngudi Rejeki di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong sebesar 79,0%.  Pengaruh tersebut bersifat positif yang berarti semakin tinggi pendapatan petani padi, maka pola konsumsi petani padi tersebut semakin beragam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-10
How to Cite
SHAHADATUS SAFIA, Lujeng; SUYADI, Bambang; MUSTIKA ANI, Hety. PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI PETANI PADI PADA KELOMPOK TANI NGUDI REJEKI DI DESA WONOREJO KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 75-81, may 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7590>. Date accessed: 11 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7590.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)