MOTIVASI BERBISNIS ONLINE SECARA RESELLER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER

  • Lenia Wahyu Permatasari Program Studi Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Sri Kantun Program Studi Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Joko Widodo Program Studi Pendidikan , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Persaingan kerja yang semakin ketat memotivasi seseorang untuk melakukan aktivitas bisnis, salah satunya dengan berbisnis online secara reseller. Bisnis online secara reseller kini sudah banyak dilakukan oleh masyakat dari berbagai lapisan termasuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi berbisnis online secara reseller pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive yaitu 3 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yang berbisnis online secara reseller sebagai informan utama dan 6 orang informan tambahan yaitu 1 orang pelanggan dan 1 orang anggota keluarga dari masing-masing tiap informan utama. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berbisnis online secara reseller dalam penelitian ini terdiri dari motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik. Motivasi intrinsik terdiri dari motivasi memenuhi kebutuhan material, menjalin hubungan antarpersonal dan pengembangan diri. Motivasi ekstrinsik terdiri dari dukungan keluarga dan pengaruh lingkungan. Dari beberapa motivasi tersebut, motivasi memenuhi kebutuhan material bukanlah prioritas utama mahasiswa menggeluti bisnis online secara reseller ini.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-20
How to Cite
WAHYU PERMATASARI, Lenia; KANTUN, Sri; WIDODO, Joko. MOTIVASI BERBISNIS ONLINE SECARA RESELLER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 59-70, apr. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7474>. Date accessed: 02 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7474.
Section
Articles