Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik

  • Wiwin Hartanto Economic Education, University of Jember

Abstract

Learner atau pembelajar mulai menggunakan berbagai perangkat teknologi komunikasi bergerak yang terhubung
dengan internet dan menjadikan kecenderungan baru pembelajaran secara mobile dan biasa dikenal mobile
learning (m-learning). M-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi berbasis perangkat teknologi informasi bergerak. Pada konsep pembelajaran tersebut, M-Learning
memberikan manfaat tersedianya materi pelajaran yang dapat diakses setiap saat dengan menggunakan perangkat
komunikasi bergerak. Penyalahgunaan handphone oleh peserta didik tidak bisa dilihat kesalahannya selalu pada
peserta didik, tetapi bisa jadi karena kekurang menarikan pembelajaran dikelas sehingga peserta didik
mengalihkan perhatiannya. Selanjutnya menjadi tugas pendidik untuk dapat mengelola untuk dapat mengambil
efek positif dari penggunaan perangkat mobile dengan memberdayakan perangkat mobile menjadi media
pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam implementasi m-learning yang perlu menjadi pertimbangan yaitu
memperhatikan aspek efisiensi, efektifitas dan daya tarik dari m-learning tersebut. Secara keseluruhan efisiensi
diukur dengan rasio jumlah waktu, personalia dan biaya yang dibutuhkan. Sedangkan efektifitas pembelajaran
berhubungan dengan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Daya tarik pembelajaran dapat dilihat dari
ketertarikan dan kecenderungan siswa untuk melalui proses pembelajaran.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wiwin Hartanto, Economic Education, University of Jember
Economic Education, University of Jember, Indonesia
Published
2016-11-11
How to Cite
HARTANTO, Wiwin. Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], p. 404-411, nov. 2016. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7447>. Date accessed: 09 may 2024.