Metode Data Mining Market Basket Analysis untuk Menentukan Pola Tata Letak Produk Ritel
Abstract
Abstrak: Pola tata letak produk yang kurang strategis dan tepat dapat membuat konsumen bisnis
ritel sulit untuk menemukan dan mendapatkan produk-produk yang mereka butuhkan. Tata letak
produk yang kurang tepat akan membuat konsumen menghabiskan waktu yang cukup lama
hanya untuk menemukan produk-produk tersebut. Tata letak produk yang strategis dan tepat
akan membuat produk lebih mudah dijangkau oleh konsumen dan konsumen tidak akan
menghabiskan banyak waktu. Untuk itu perlu dibuat sebuah model yang dapat menentukan pola
tata letak produk. Metode data mining market basket analysis yang dapat digunakan untuk
menampilkan informasi pola pembelian produk yang sering dilakukan oleh konsumen dalam
satu keranjang belanja dan menentukan model tata letak produk sesuai dengan pola pembelian
produk yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan
confidence dari hubungan antara dua barang dan tiga barang. Semakin tinggi nilai confidence
dan support maka semakin kuat nilai hubungan antar atribut.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.