PENGARUH DESAIN WEBSITE PADA NIAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPERCAYAAN

  • Murtiningsih Murtiningsih Universitas Sebelas Maret
  • Budhi Haryanto Universitas Sebelas Maret

Abstract

Website berperan tidak hanya terbatas sebagai media informasi namun juga merupakan salah satu barometer yang dipakai untuk mengukur kualitas perguruan tinggi tersebut. Artinya website bagi perguruan tinggi merupakan wajah di dunia maya dimana masyarakat secara luas akan melihat dan mengakses website tersebut sebagai interaksi pertama dan daya tarik terhadap universitas tersebut. Oleh karena itu, website haruslah berkualitas dan didesain bagus sehingga konsumen dapat tertarik dan pada akhirnya memiliki kepercayaan terhadap sebuah perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode survei dengan kuesioner berbentuk langsung tertutup dengan model rating scale dengan 6 alternatif jawaban. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel desain informasi dan desain navigasi tidak berpengaruh langsung terhadap niat memilih hal ini disebabkan karena pengaruh langsung 2 variabel tersebut lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsungnya terhadap niat calon mahasiswa. Sedangkan Variabel Desain Visual berpengaruh langsung terhadap niat calon mahasiswa. Hal ini disebabkan karena pengaruh langsung variabel desain visual tersebut lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh tidak langsungnya terhadap niat calon mahasiswa. Desain informasi memiliki total pengaruh yang paling tinggi dalam membentuk niat calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Murtiningsih Murtiningsih, Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Budhi Haryanto, Universitas Sebelas Maret

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published
2018-03-23
How to Cite
MURTININGSIH, Murtiningsih; HARYANTO, Budhi. PENGARUH DESAIN WEBSITE PADA NIAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI DIMEDIASI OLEH VARIABEL KEPERCAYAAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 41-50, mar. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7276>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7276.
Section
Articles