PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA BEAT DI DEALER GARUDA MOTOR I KECAMATAN GAMBIRAN KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara ekuitas merek terhadap pengambilan keputusan konsumen membeli Honda Beat di Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi.Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di dealer Garuda Motor I yang terletak di Jalan Pb. Sudirman 44, Jajag, Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Jumlah responden dalam penelitian iniyaitu sebanyak 75 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumen, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektivitas garis regresi, dan Standart Error of Estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan ekuitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian motor Honda Beat di dealer Garuda Motor I Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi dengan nilai Fhitung = 308,307 > Ftabel = 3,972 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. Sedangkan kontribusi ekuitas merek terhadap proses pengambilan keputusan pembelian motor Honda Beat gi yaitu sebesar 80,9%, sedangkan sisanya yaitu 19,1% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lokasi, tingkat harga, potongan harga, dan lain-lain.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.