PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR FUNGSI MANAJEMEN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Linda Fatmawati
  • Sukidin Sukidin
  • Bambang Suyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar melalui pendekatan saintifik dengan pendekatan konvensional pada kompetensi dasar fungsi manajemen siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/207 sehingga penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional, dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, mulai dari kelas X MIPA 1 sampai kelas X Sos 2. Sampel yang digunakan adalah kelas X Sos 1 sebagai kelas Eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik dan kelas X Sos 2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pendekatan konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Ttest. Hasil uji analisis data pada tes dengan taraf signifikan 5% dan db 70 diperoleh ttest = 5,556 yang melebihi nilai ttabel = 1,994. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan konvensional,dimana hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan pendekatan saintifik sebesar 82,36 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan pendekatan konvensional sebesar 72,22. Kelas yang menerapkan pendekatan saintifik hasil belajarnya lebih besar 10,14 daripada kelas yang menerapkan pendekatan konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan konvensional pada kompetensi dasar fungsi manajemen siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Saran yang dapat peneliti sumbangkan dari penelitian ini adalah guru dapat mengintensifkan penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, karena dilihat dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-02
How to Cite
FATMAWATI, Linda; SUKIDIN, Sukidin; SUYADI, Bambang. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KOMPETENSI DASAR FUNGSI MANAJEMEN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 134-139, jan. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6460>. Date accessed: 23 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6460.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>