PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2016/2017). Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMP Negeri 1 Jember. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling yaitu sebanyak 81 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektivitas garis regresi, dan Standart Error Of Estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus siswa kelas VIII SMP negeri 1 Jember tahun ajaran 2016/2017) yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 268,491 > Ftabel = 3,112 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Besarnya persentase status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 77,3%, sedangkan sisanya yaitu 22,7% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti minat, kecerdasan, bakat, intelegensi, dan lain-lain.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.