PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SEMESTER GANJIL SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Eri Novalinda
  • Sri Kantun
  • Joko Widodo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi semester ganjil SMK PGRI 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK PGRI 5 Jember. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi yaitu sebanyak 131 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik penggolahan data yang digunakan terdiri dari: editing, skoring, dan tabulasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan yaitu uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F,efektivitas garis regresi, dan Standart Error Of Estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi semester ganjil SMK PGRI 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 470,119> Ftabel = 3,067 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Besarnya persentase motivasi belajar terhadap hasil belajar yaitu sebesar 78,5%, sedangkan sisanya yaitu 21,5% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian seperti minat belajar, kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan lain-lain. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa  maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-02
How to Cite
NOVALINDA, Eri; KANTUN, Sri; WIDODO, Joko. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SEMESTER GANJIL SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 115-119, jan. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6456>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2