STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK DAIHATSU PADA DEALER DAIHATSU JEMBER

  • Shinta Nurafni Untari
  • Sutrisno Djaja
  • Joko Widodo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Dealer Daihatsu Jember. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Dealer Daihatsu Jember. Penentuan subjek dan informan dalam penelitian ini ditentukan secara sengaja subjek yang akan diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah supervisor Dealer Daihatsu Jember dan Informan tambahan dalam penelitian ini adalah sales Dealer Daihatsu Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode obesrvasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dealer Daihatsu Jember berada pada kuadran I yaitu posisi perusahaan yang mendukung strategi agresif, maka perusahaan berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internalnya untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Strategi agresif merupakan strategi perusahaan yang bertujuan untuk memperluas pasar. Cara yang dapat digunakan Dealer Daihatsu Jember yaitu dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Dimana untuk strategi penetrasi pasar (Market Penetration Strategy) dapat dilaksanakan dengan melakukan kegiatan promosi penjualan yang intensif dan efektif. Sedangkan untuk strategi pengembangan pasar (Market Penetration Strategy) dapat dilaksanakan dengan meningkatkan dan mempertahankan brand image mobil Daihatsu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-02
How to Cite
UNTARI, Shinta Nurafni; DJAJA, Sutrisno; WIDODO, Joko. STRATEGI PEMASARAN MOBIL MEREK DAIHATSU PADA DEALER DAIHATSU JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 82-88, jan. 2018. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6451>. Date accessed: 09 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6451.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>