ANALISIS SUMBER BELAJAR LKS PENGANTAR AKUNTANSI DENGAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 1 TAHUN 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian sumber belajar LKS Pengantar Akuntansi dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 1 Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif verifikatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMK di Surakarta, yang dilaksanakan pada tahun 2016. Sumber data yang digunakan adalah dokumen berupa LKS Pengantar Akuntansi dan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 1 Tahun 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dengan melakukan content analysis pada dokumen LKS dan PSAK. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu persiapan penelitian; pelaksanaan penelitian; analisis data; penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar berupa LKS Pengantar Akuntasi yang digunakan peserta didik di salah satu SMK Surakarta belum sesuai dengan PSAK No. 1 Tahun 2013. Terdapat 13 dari total 14 sub indikator pada materi laporan keuangan yang belum sesuai dengan PSAK No. 1 Tahun 2013. Dengan berdasar pada simpulan penelitian, diharapkan agar guru dapat lebih selektif lagi dalam menggunakan sumber belajar, khususnya selektif dalam memilih isi atau content sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.