PERAN EKONOMI KREATIF DAN INDUSTRI LOKAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN MENGURANGI KEMISKINAN DI MASYARAKAT PEDESAAN INDONESIA

  • Puput Puspita Universitas Jember
  • Muthmainnah Muthmainnah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini ditinjau berdasarkan pada masalah perekonomian di Indonesia, salah satunya merupakan kemiskinan. Metode yang dipakai pada penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan teknik menyatukan data melalui studi literatur (Library Research). Kemiskinan masih menjadi salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Di pedesaan, tingkat kemiskinan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan perkotaan karena terbatasnya akses terhadap sumber daya ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Maka dari itu pemberdayaan melalui ekonomi kreatif dan industri lokal bisa menjadi sebuah upaya dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan pendapatan dalam mensejahterakan kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, pengembangan ekonomi kreatif di pedesaan tidak hanya berfungsi sebagai alat pengentasan kemiskinan tetapi juga sebagai mekanisme yang meningkatkan kemandirian, pelestarian budaya serta bentuk promosi produk lokal, dan ketahanan ekonomi masyarakat pedesaan sebagai pendapatan. Peran pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan harus terus mendukung dan memperluas inisiatif ini untuk mencapai pembangunan pedesaan yang berkelanjutan dan inklusif. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-29
How to Cite
PUSPITA, Puput; MUTHMAINNAH, Muthmainnah. PERAN EKONOMI KREATIF DAN INDUSTRI LOKAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN MENGURANGI KEMISKINAN DI MASYARAKAT PEDESAAN INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 344-354, sep. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/52098>. Date accessed: 10 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i2.52098.