PENGARUH ALIANSI TERHADAP FAKTOR KETANGKASAN, ADAPTASI, KETAHANAN DAN KINERJA RANTAI PASOKAN DALAM INDUSTRY OTOMOTIF DENGAN TRANFORMATIONAL DIGITAL SEBAGAI MODERATOR

  • Sherly Sanfransiska Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Radityo Fajar Arianto Universitas Pelita Harapan, Tangerang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aliansi terhadap faktor ketangkasan, adaptasi, ketahanan dan kinerja rantai pasokan dalam industri otomotif dengan tranformational digital sebagai moderator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei kepada 167 supply chain director, manager dan supervisor. Data dikumpulkan dengan menggunakan 45 indikator dalam kuesioner yang diukur dengan skala Likert 1-5 dan didistribusikan dengan purposive sampling method. Penelitian mencoba mengalisis rantai pasok industri otomotif di area Jakarta dan Tangerang. Analisis dalam penelitan ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) - Partially Least Squares (PLS) dengan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemampuan manajemen aliansi / Alliance Management Capability (AMC) mempunyai pengaruh signifikan terhadap ketangkasan rantai pasokan / Supply Chain Agility (SCA), kemampuan beradaptasi rantai pasokan / Supply Chain Adaptability (SCAA) , ketahanan rantai pasokan / Supply Chain Resilience (SCR) dan kinerja rantai pasokan / Supply Chain Performance (SCP) . Sedangkan transformasi digital  / Digital Tranformation (DT) terbukti signifikan memediasi hubungan antara Alliance Management Capability dengan Supply Chain Ability, Agility, Risilience  dan Performance. Mengingat lingkup penelitian yang hanya terbatas pada industri otomotif di area Jakarta dan Tangerang, hasil penelitian ini tidak untuk digeneralisasikan sehingga perlu dilakukan penelitian sejenis di industri yang lain.


 


Kata Kunci: Kemampuan Manajemen Aliansi , Ketangkasan Rantai Pasokan, Kemampuan Beradaptasi Rantai Pasokan , Ketahanan Rantai Pasokan , dan Tranformasi Digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-29
How to Cite
SANFRANSISKA, Sherly; ARIANTO, Radityo Fajar. PENGARUH ALIANSI TERHADAP FAKTOR KETANGKASAN, ADAPTASI, KETAHANAN DAN KINERJA RANTAI PASOKAN DALAM INDUSTRY OTOMOTIF DENGAN TRANFORMATIONAL DIGITAL SEBAGAI MODERATOR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 302 - 317, sep. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/49399>. Date accessed: 10 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i2.49399.