ANALISIS MARKETING SYARIAH PADA SISTEM MARKETING SYARIAH HNI-HPAI KOTA JAMBI

  • Naziroh Nurul Ipada UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sri Rahma UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Efni Anita UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Strategi Marketing Syariah pada Sistem Marketing Syariah PT Halal Network International Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) Cabang Business Center 2 Kota Jambi. Lokasi penelitian ini tepatnya di Jl. Lintas Sumatera No. 65, Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan dan fenomena dilapangan pada cabang Business Center 2 Kota Jambi dan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data  yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer wawancara dengan admin cabang HNI-HPAI BC 2, agenstok Manager (M) dan agenstok Executive Director (ED) serta data sekunder dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan ada 4 strategi marketing yang dilakukan HNI-HPAI Cabang BC 2 Kota Jambi yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi) yang telah mengikuti pedoman syariat Islam. Kendala pada Strategi yang dilakukan HNI-HPAI Cabang Business Center 2 Kota Jambi ini adanya keluhan dari agenstok perihal komplain dari konsumen soal perbandingan harga produk HNI HPAI dengan produk lain dan sulitnya agenstok dalam menarik minat konsumen baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-06
How to Cite
IPADA, Naziroh Nurul; RAHMA, Sri; ANITA, Efni. ANALISIS MARKETING SYARIAH PADA SISTEM MARKETING SYARIAH HNI-HPAI KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 154-167, apr. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/47060>. Date accessed: 09 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.47060.
Section
Articles