PENGARUH DISKON, COD, DAN SPAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS UPI

  • Rusmana Rusmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Acep Supriadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faqih Samlawi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Teknologi yang berkembang semakin komprehensif mengakibatkan perubahan perilaku masyarakat, belanja online menjadi sebuah trend yang banyak digandrungi semua kalangan tak terkecuali mahasiswa. Fenomena yang saat ini terjadi  pada mahasiswa program studi Pendidikan IPS UPI yaitu aktivitas belanja online menggunakan aplikasi Shopee. Adapun pertimbangan konsumen memilih menggunakan aplikasi Shopee untuk melakukan kegiatan belanja online tersebut berkat dukungan fitur yang tersedia seperti promosi (diskon) dan metode pembayaran (COD dan ShopeePayLater/SPayLater). Mengetahui pengaruh diskon, COD, dan SPayLater pada aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa baik secara segmental (parsial) maupun bersama-sama (simultan) menjadi tujuan dari penelitian ini. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penyebaran kuesioner (angket) dilakukan dalam pengumpulan data. Sampel dipilih secara acak (purposive random sampling) terhadap 89 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah diskon dan COD pada aplikasi Shopee secara segmental (parsial) memiliki pengaruh positif dan substansial (signifikan), SPayLater pada aplikasi Shopee secara segmental (parsial) tidak memiliki pengaruh positif dan substansial (signifikan) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Adapun secara simultan diskon, COD, dan SPayLater pada aplikasi Shopee berpengaruh secara substansial (signifikan) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi Pendidikan IPS UPI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
RUSMANA, Rusmana; SUPRIADI, Acep; SAMLAWI, Faqih. PENGARUH DISKON, COD, DAN SPAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS UPI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 114-124, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/47045>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles