ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, KURS DAN INFLASI TERHADAP VOLUME EKSPOR TEMBAKAU (HARMONIZED SYSTEM : 240) DI INDONESIA

  • Azzahra Zulfalinda Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Riko Setya Wijaya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Abstract

Pertanian dan penggunaan tembakau di Indonesia telah dikenal sejak lama. Menurut laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada tahun 2021, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai salah satu produsen utama tembakau di dunia setelah Tiongkok, India, dan Brasil. Produk tembakau memiliki peran yang signifikan, bukan hanya sebagai sumber pendapatan bagi petani, tetapi juga sebagai kontribusi ekonomi bagi negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif. Data yang menjadi objek analisis adalah data sekunder dengan rentang waktu dari 2007 hingga 2021. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Badan Pusat Statistik dan Statistik Perkebunan oleh Ditjen Perkebunan. Data ini mencakup beberapa variabel, yaitu angka produksi, kurs mata uang, dan inflasi terhadap volume ekspor tembakau Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta menggunakan alat Eviews 12. Produksi tembakau secara parsial tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap volume ekspor tembakau. Nilai tukar secara parsial menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap volume ekspor tembakau. Dan inflasi secara parsial tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap volume ekspor tembakau. Langkah-langkah strategis perlu diambil untuk meningkatkan ketahanan tembakau lokal terhadap fluktuasi pasar internasional. Ini bisa melibatkan perencanaan yang lebih baik dalam hal produksi tembakau lokal, distribusi, dan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
ZULFALINDA, Azzahra; WIJAYA, Riko Setya. ANALISIS PENGARUH JUMLAH PRODUKSI, KURS DAN INFLASI TERHADAP VOLUME EKSPOR TEMBAKAU (HARMONIZED SYSTEM : 240) DI INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 106-113, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46755>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46755.
Section
Articles