PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PT BINTANG BALI INDAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Ni Made Putri Widyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Turnover intention atau niat untuk keluar adalah hal yang sering dan selalu terjadi dalam perusahaan. Namun, apabila intensinya tinggi maka akan menjadi salah satu permasalahan serius dalam perkembangan suatu perusahaan. Dengan demikian, fungsi perusahaan selain merekrut sumber daya manusia yang tepat, juga mempertahakan man power di perusahaan. Pemberdayaan sumber daya manusia tersebut merupakan kunci keberhasilan manajemen kinerja yang mampu meningkatkan kepuasan sekaligus komitmen kerja sehingga dapat meminimkan turnover intention (Wibowo, 2017).


Riset dilaksanakan guna mengetahui pengaruh KSK terhadap TOI PT Bintang Bali Indah dengan KMO sebagai pemediasi. Sampel berjumlah 69 orang dari populasi sebanyak 226 karyawan dengan proportionate stratified random sampling yang merupakan bagian dari probability sampling. Riset menggunakan path analysis metode Structural Equation Model-Partial Least Square.


Riset menghasilkan KMO tidak mampu menjadi pemediasi antara KSK dengan TOI. Hasil tersebut dikarenakan masing-masing dari KSK dan KMO berpengaruh tidak signifikan terhadap TOI walaupun KSK terhadap KMO memiliki pengaruh yang signifikan. Sehingga disarankan untuk riset selanjutnya mampu menggunakan variabel lain di luar KSK dan KMO dalam mempengaruhi TOI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
WIDYAWATI, Ni Made Putri; IMBAYANI, I Gusti Ayu; PRAYOGA, I Made Surya. PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PT BINTANG BALI INDAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 125-132, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46647>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles