PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI COFFEE SHOP TEMANI KOPI

  • Ni Putu Bayu Widhi Antari Universitas Pendidikan Nasional
  • Luh Wulan Widi Indrayani Universitas Pendidikan Nasional
  • Desak Made Febri Purnama Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Made Mulyadi Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Di dunia bisnis pada era sekarang persaingan bisnis yang dilakukan sudah semakin bersaing. Terutama dalam industri kedai kopi dan restoran, dimana pengalaman pelanggan memainkan peran sentral dalam menjaga loyalitas dan mendapatkan keunggulan kompetitif. berbisnis di bidang kuliner bukanlah hal yang mudah karena berjalannya waktu persaingan industri semakin gencar, dengan adanya startegi yang dipersiapkan untuk membuat bisnis mampu bertahan. Dari hal tersebut peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui akan pengaruh dari kualitas layanan dan kualitas produk pada kepuasan pelanggan coffe shop temani kopi.  Pendekatan pada penelitian ini mempergunakan kuantitatif dengan sampel yang diolah sejumlah 100 responden yang ditetapkan melalui metode accidental sampling. Metode ini digunakan dengan menyebar kuesioner berupa pertanyaaan maupun pertanyaan pada pelanggan yang berkunjung di lokasi coffe shop temani kopi secara acak. Data yang diperoleh, selanjutnya di analisis mempergunakan Teknik (SEM) berupa analsisi Partial Least sqyare (PLS). output penelitian ini berupa Kualitas Layanan mempunyai pengaruh positif tidak signifikan pada Kepuasan Pelanggan dengan output nilai T statistic menyatakan nominal angka sejumlah 1,645 < 1,96 dan dapat dibuktikan juga pada nilai P value bernilai 0.100 atau disebut lebih besar dari 0,05. Dan kualitas Produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Pelanggan dengan nilai T statistic menyatakan angka sejumalah 5,633 > 1,96 dan dapat dibuktikan juga pada nilai P value bernilai 0.000 atau disebut lebih kecil dari 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
ANTARI, Ni Putu Bayu Widhi et al. PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI COFFEE SHOP TEMANI KOPI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 77-86, mar. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46572>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46572.
Section
Articles