BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KOPI GULA AREN DI SERACIK COFFEE BANDUNG

  • Deva Aditya Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha Bandung

Abstract

Abstrak


Jenis olahan kopi sangat disenangi oleh masyarakat luas, kopi juga merupakan produk unggulan pertanian Indonesia. Megingat akan pentingnya minuman kopi bagi masyarakat kita, maka bermunculan kedai-kedai kopi yang menjual minuman kopi dengan berbagai tambahan kombinasi bahan sebagai pelengkapnya. Persaingan diantara pemilik coffee menjadi hal yang perlu dicermati, Dimana para pemilik coffee harus memiliki cara pemasaran yang baik utuk tetap bisa berdiri di tengah persaingan global dibidang bisnis kopi. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bauran promosi kepada peningkatan volume penjualan kopi susu gula aren di Seracik Cofee Bandung. Cara penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan memakai cara wawancara dengan pemilik coffe serta para pengunjung coffee, serta melalui data penjualan kopi susu gula aren yang diperoleh dari pemilik coffee. Dengan latar belakang meningkatnya popularitas kopi dan persaingan  di sektor kopi, inovasi dan bauran pemasaran yang efektif sangat penting untuk menarik perhatian konsumen dan menjamin kelangsungan bisnis. Studi ini meneliti tentang peran bauran promosi untuk meningkatkan volume penjualan, serta mempertimbangkan bauran pemasaran yang efektif untuk menambah volume penjualan yaitu dengan menggunakan teknik pemasaran terpadu 4P yaitu Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Berfokus pada  pejualan kopi susu gula aren di Seracik Coffee yang ada di kota Bandung, penelitian ini untuk bisa menunjukkan bagaimana promosi terbatas pada platform media sosial Instagram dapat berdampak buruk pada pemahaman konsumen dan, sebagai akibatnya, mengurangi volume penjualan.  


 


Kata Kunci: kopi, Bauran Promosi, Volume Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-12
How to Cite
ADITYA, Deva; SUDRARTONO, Tiris. BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KOPI GULA AREN DI SERACIK COFFEE BANDUNG. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 1-10, feb. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/46525>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i1.46525.
Section
Articles