PERAN LINGKUNGAN, SOSIAL, DAN TATA KELOLA TERHADAP PERFORMA DAN PROFITABILITAS USAHA KECIL DAN MENENGAH: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

  • Taufiq Taufiq UIN RM Said Surakarta

Abstract

Lingkungan,sosial, dan tata kelola (LST) telah menjadi standar bagi perusahaan besar di dalam menjalankan operasi usahanya. Melalui LST, investor dapat menilai apakah perusahaan besar tersebut menguntungkan dan berkelanjutan. Pada sisi perusahaan besar, laporan LST dapat menjadi acuan di dalam menggaet investor, pertanggungjawaban kepada stakeholder, dan mendapatkan reputasi.


Penerapan LST pada usaha kecil dan menengah (UKM) menghadapi kendala dikarenakan karakteristiknya yang berbeda dengan perusahaan besar seperti kualitas SDM, manajemen, akses modal, jaringan bahan pasok, pemasaran, dan perijinan. 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LST terhadap performa dan profitabilitas UKM. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis dari jurnal ilmiah yang sudah diseleksi melalui kriteria jurnal ilmiah internasional terindeks scopus dan berisi penelitian pengaruh LST terhadap performa dan profitabilitas UKM. Alur seleksi jurnal menggunakan PRISMA. Analisis bibliometrik dan tampilan VOSviewer digunakan untuk memetakan posisi setiap jurnal dan memudahkan melakukan analisa.


Ditemukan bahwa pengaruh LST terhadapa performa perusahaan dan profotabilitas bisa berasal dari faktor lingkungan, tata kelola, gabungan dua faktor baik lingkungan dengan tata kelola atau lingkungan dengan sosial, ataupun gabungan dari tiga faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-27
How to Cite
TAUFIQ, Taufiq. PERAN LINGKUNGAN, SOSIAL, DAN TATA KELOLA TERHADAP PERFORMA DAN PROFITABILITAS USAHA KECIL DAN MENENGAH: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 211-229, sep. 2024. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/45014>. Date accessed: 10 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v18i2.45014.