PENGARUH DOUBLE TRACK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA YANG DIMODERASI OLEH GENDER DI SMAN 1 DANDER

  • Yunika Nurfadilla Universitas Sebelas Maret
  • Dewi Kusuma Wardani Universitas Sebelas Maret
  • Jonet Ariyanto Nugroho Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh program double track terhadap minat berwirausaha, efikasi diri terhadap minat berwirausaha, gender memoderasi hubungan program double track terhadap minat berwirausaha, dan gender memoderasi hubungan efikasi diri terhadap minat berwirausaha peserta didik di SMAN 1 Dander. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan sampel jenuh. Teknik uji validitas dan reliabilitas yang digunakan yaitu korelasi product moment dan Cronbach’s Alpha. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif yaitu pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan kuesioner yang disebar kepada 60 peserta program double track di SMAN 1 Dander. Berdasarkan analisis data melalui uji t dan koefisien determinasi dengan metode MRA dihasilkan bahwa terdapat pengaruh program double track terhadap minat berwirausaha dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,124>2,00247) serta terdapat pengaruh efikasi diri terdapat pengaruh program double track terhadap minat berwirausaha dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,159>2,00247), koefisien determinasi (R2) pada regresi ini sebesar 44%. Sedangkan analisis modersai didapatkan hasil bahwa gender tidak memoderasi pengaruh pada penelitian ini dengan hasil thitung < ttabel (-0,172<2,00488) pada program double track, dan thitung < ttabel (-0,995<2,00488) pada efikasi diri, koefisisen determinasi (R2) sebesar 47,6%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-14
How to Cite
NURFADILLA, Yunika; WARDANI, Dewi Kusuma; NUGROHO, Jonet Ariyanto. PENGARUH DOUBLE TRACK DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA YANG DIMODERASI OLEH GENDER DI SMAN 1 DANDER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 385-394, dec. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/44163>. Date accessed: 17 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.44163.