Pengaruh Digital Marketing dan E-Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian

  • Hana Diana Maria Universitas BTH
  • Firdan Gusmara Kusumah Universitas BTH
  • Sudianto Sudianto Universitas BTH
  • Adie Pamungkas Universitas BTH

Abstract

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap penduduk Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya menunjukan bahwa adanya peran digitalisasi dalam pertumbuhan sektor industri kuliner. Penelitian yang dilakukan berfokus pada tujuan seberapa besar pengaruh pemasaran digital (digital marketing) dan e-word of mouth terhadap minat beli dan keputusan pembelian khususnya pada pengguna platform pesan antar makanan dan minumanan online. Populasi penelitian mencakup masyarakat Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.  Sampel berjumlah 390 responden. Teknik sampling yang diambil adalah teknik simple random sampling. Total populasi berjumlah 14.544 orang. Data penelitian berdasarkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh parsial antar variabel. Digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan baik terhadap minat beli maupun keputusan pembelian, variabel minat beli memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian,  e-word of mouth (e-wom) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli namun menunjukkan pengaruh yang signifikan tetapi bersifat negatif terhadap variabel keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-14
How to Cite
MARIA, Hana Diana et al. Pengaruh Digital Marketing dan E-Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 355-364, nov. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/43124>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.43124.