INTEGRASI VARIASI DESIGN CORE CURRICULUM PADA KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI

  • Jonet Ariyanto Nugroho Universitas Sebelas Maret

Abstract

Skala kebutuhan masing-masing lulusan di dunia kerja menuntut perguruan tinggi untuk mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perilaku kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian kurikulum pendidikan ekonomi pada perguruan tinggi yang berbeda dengan standar kompetensi dan mengembangkan Basic Curriculum of Variation Design (V-DCC) dalam kurikulum pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatifdengan studi literaturjurnal, laporan penelitian dan data penelitian yang dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai perbedaan kurikulum pendidikan ekonomi pada kurikulum yang berbeda, dan untuk mengembangkan kurikulum inti pendidikan ekonomi perlu merumuskan tujuan, menyiapkan pengalaman belajar, mengelola pengalaman belajar, dan melakukan penilaian pembelajaran. Pengembangan kurikulum dalam pendidikan ekonomi harus dilakukan sedemikian rupa sehingga proses dan hasil pendidikan tidak berbanding terbalik dengan apa yang ingin dicapai, serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang beragam dan perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-14
How to Cite
NUGROHO, Jonet Ariyanto. INTEGRASI VARIASI DESIGN CORE CURRICULUM PADA KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 243-254, nov. 2023. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/42671>. Date accessed: 29 apr. 2024.