INTEGRASI VARIASI DESIGN CORE CURRICULUM PADA KURIKULUM PENDIDIKAN EKONOMI
Abstract
Skala kebutuhan masing-masing lulusan di dunia kerja menuntut perguruan tinggi untuk mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perilaku kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian kurikulum pendidikan ekonomi pada perguruan tinggi yang berbeda dengan standar kompetensi dan mengembangkan Basic Curriculum of Variation Design (V-DCC) dalam kurikulum pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain kualitatifdengan studi literaturjurnal, laporan penelitian dan data penelitian yang dipublikasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai perbedaan kurikulum pendidikan ekonomi pada kurikulum yang berbeda, dan untuk mengembangkan kurikulum inti pendidikan ekonomi perlu merumuskan tujuan, menyiapkan pengalaman belajar, mengelola pengalaman belajar, dan melakukan penilaian pembelajaran. Pengembangan kurikulum dalam pendidikan ekonomi harus dilakukan sedemikian rupa sehingga proses dan hasil pendidikan tidak berbanding terbalik dengan apa yang ingin dicapai, serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang beragam dan perkembangan zaman.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.