PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Abstract
Abstrak
Tingkat Persaingan Mencari Pekerjaan Semakin Kompetitif, tidak adanya korelasi antara penyediaan tenaga kerja baru dengan jumlah lulusan atau tamatan pada semua jenjang pendidikan mengakibatkan terjadinya pengangguran. Jumlah siswa yang memiliki keinginan berwirausaha atau merintis suatu usaha sangatlah minim, hal itu dapat dibuktikan bahwa siswa hanya berusaha menyelesaikan tugas mata pelajaran kewirausahaan di sekolah saja tanpa berkeinginan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian kuantitatif ini menggunakan populasi siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo, yang terdiri dari 144 siswa di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Analisis data yang digunakan dalam studi ini adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa minat berwirausaha siswa SMA Negeri 1 Driyorejo tidak dipengaruhi oleh variabel penggunaan media sosial Instagram, dengan nilai probabilitas signifikansi 0,966 di > 0,05. Sebaliknya, variabel pengetahuan kewirausahaan mempengaruhi minat berwirausaha siswa SMA Negeri 1 Driyorejo, dengan nilai probabilitas signifikansi untuk variabel pengetahuan kewirausahaan 0,000 < 0,05. Kedua variabel ini dinyatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap minat berwirausaha secara bersamaan, seperti yang ditunjukkan oleh nilai signifikasi 0,000 < 0,005.
Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial Instagram, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.