PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN MELALUI E-COMMERCE SHOPEE
Abstract
Adanya penelitian ini dilaksanakan untuk memastikan apakah perilaku konsumen mempengaruhi keputusan seseorang dalam melakukuan pembelian produk kecantikan melalui e-commerce Shopee. Populasi target penelitian merupakan mahasiswa aktif prodi Pendidikan Ekonomi. Jumlah mahasiswa berdasarkan data akademik berjumlah 220 mahasiswa, menentukan jumlah untuk sampel menggunakan rumus Slovin, mrnggunakan taraf batas kesalahan 5%, maka didapatkan hasil jumlah responden sebanyak 142 responden. Dalam uji validitas diperoleh 1 butir pernyataan invalid pada variabel X dan 4 butir pernyataan invalid pada variabel Y, total pernyataan valid sebanyak 43. Uji realibilitas didapatkan dengan nilai Alpha Cronbach variabel Keputusan Pembelian 0,911 > 0,666 maka data yang dianalisis dengan Alpha Cronbach adalah reliabel atau dapat dipercaya. dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Metodologi kuantitatif digunakan dalam penelitian. Dari penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan dari Perilaku Konsumen (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Hal ini dikonfirmasi dengan p-value < 0.001, yang lebih rendah dari alpha peneliti (0.05). Pengaruh tersebut bernilai positif terbukti dengan nilai t-statistik 10.109> t-tabel 1.655. Lalu, pada coefficient βx (Perilaku Konsumen) sebesar 0.536, artinya dengan asumsi variasi pada variabel Perilaku Konsumen dinaikkan satu level maka Keputusan Pembelian ini akan meningkat sebesar 0.536. Dengan diperolehnya nilai sebesar 0.422 atau 42,2 %. Yang berarti variasi pada variabel Perilaku Konsumen (X) dapat menjelaskan variasi variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 42.2%. Maka dari itu, Keputusan Pembelian mahasiswa memang dipengaruhi oleh Perilaku Konsumen yang diaktualisasikan oleh mahasiswa. Selanjutnya persentase Keputusan Pembelian mahasiswa dipengaruhi variasi variabel lainnya sebesar 57.8% yang tidak dimasukkan dalam lini penelitian.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.