PENGARUH COMPUTER ANXIETY DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MODERASI FASILITAS LABORATORIUM
Abstract
Pendidikan abad 21 yang terjadi saat ini telah mengedepankan penerapan teknologi digital dengan mengadopsi era revolusi industri sesuai pola kemajuan abad globalisasi. Komputer akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di tingkat SMK. Penelitia ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh computer anxiety terhadap hasil belajar komputer akuntansi, computer anxiety terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan fasilitas laboratorium sebagai variabel moderating, pemahaman akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi, dan pemahaman akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan fasilitas laboratorium sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Kediri yang berjumlah 137 orang. Teknik simple random sampling diterapkan pada penelitian ini dengan jumlah sampel sabanyak 102 responden. Teknik analisis data dilakukan melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Moderated Regression Analysis (MRA) adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil riset menunjukkan bahwa : 1) computer anxiety tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa; 2) fasilitas laboratorium tidak memoderasi pengaruh computer anxiety terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa; 3) pemahaman akuntansi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa; 4) fasilitas laboratorium tidak memoderasi pengaruh pemahaman akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.